Kiat Sukses Melamar Pekerjaan

2 min read

Kiat Sukses Melamar Pekerjaan

Ketika Anda melamar pekerjaan, Anda biasanya akan diminta untuk mengisi aplikasi. Anda mungkin diminta untuk mengisi aplikasi meskipun Anda telah mengirimkan resume dan surat lamaran. Jika semua kandidat dimintai informasi yang sama, proses aplikasi akan distandarisasi.

Juga, majikan akan memiliki catatan sejarah pribadi dan profesional Anda yang akan Anda tinjau dan tandatangani. Saat Anda menandatangani aplikasi, Anda menyatakan bahwa semua informasi yang dikandungnya adalah benar. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa mereka benar. Penting agar aplikasi Anda lengkap, bebas kesalahan, dan akurat.

Informasi yang diperlukan untuk mengisi lamaran pekerjaan

Apakah Anda sedang menyelesaikan aplikasi online atau melamar secara langsung, pastikan Anda memiliki semua informasi yang Anda perlukan sebelumnya. Daftar di bawah ini berisi semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengisi lamaran pekerjaan.

Informasi pribadi :

  • Nama
  • Alamat
  • Kota (*): Negara (*): Kode pos
  • Nomor telepon
  • Alamat Email 
  • Kelayakan untuk bekerja di indonesia
  • Hukuman pidana (di beberapa tempat)
  • Jika di bawah umur, sertifikat kertas kerja

Pendidikan :

  • Sekolah/universitas yang dikunjungi
  • Program latihan
  • Gelar / diploma / sertifikat
  • Tanggal Kelulusan

Informasi pekerjaan :

  • Nama, alamat dan nomor telepon pemberi kerja sebelumnya previous
  • nama pemimpinnya
  • Janji temu
  • gaji
  • Alasan untuk melamar

Referensi :

  • Daftar tiga referensi termasuk nama, jabatan atau hubungan, alamat, nomor telepon

Informasi Posisi Pekerjaan :

  • Judul posisi yang Anda lamar
  • Tersedia jam / hari untuk bekerja
  • Kapan Anda bisa mulai bekerja

Saat melamar online, mungkin ada opsi untuk mengunggah resume Anda sebagai bagian dari aplikasi.

Pertanyaan Aplikasi Lamaran Kerja Yang Tidak Perlu Anda Jawab

Ada beberapa pertanyaan yang tidak boleh disertakan dalam aplikasi. Anda tidak perlu menjawab pertanyaan tentang ras, etnis, agama, kepercayaan, asal negara, dukungan publik, jenis kelamin, status perkawinan, orientasi seksual, usia, atau disabilitas.

Baca Juga  Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Terlihat Profesional

Memberi Informasi Yang Anda Butuhkan Untuk Melamar

Pastikan Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk segera melamar lowongan dan untuk membagikan status pendidikan dan pekerjaan Anda saat ini dengan pemberi kerja.

Periksa riwayat pekerjaan Anda: Anda memerlukan resume Anda (atau daftar riwayat pekerjaan dan pendidikan Anda) untuk memastikan Anda memberikan tanggal pekerjaan, jabatan, dan pendidikan yang benar. CV Anda harus sesuai dengan aplikasi dengan sempurna, karena perbedaan akan terlihat.

Unduh contoh aplikasi: Unduh contoh aplikasi dan berlatih mengisinya. Jadi, Anda dapat yakin bahwa Anda memiliki semua informasi yang diperlukan sebelumnya. Itu membuat aplikasi lebih mudah.

Meminta formulir aplikasi: Jika Anda melamar pekerjaan secara langsung, mintalah formulir aplikasi dan bawa pulang untuk diisi. Anda bebas mengisinya sehingga bersih dan akurat saat Anda mengembalikannya.

Bagaimana Anda Membuat Kesan Terbaik

Jika Anda melamar secara langsung: Jika Anda datang untuk mengambil atau menyerahkan formulir aplikasi, pastikan Anda berpakaian dengan benar. Anda dapat berbicara dengan manajer perekrutan di akhir, dan penting untuk tampil sebagai profesional jika Anda mendapatkan wawancara di tempat.

Daftar periksa untuk aplikasi pribadi: Jika Anda melihat daftar aplikasi pribadi terlebih dahulu, Anda akan menghindari kesalahan mencolok selama wawancara.

Saat Melamar Online

Formulir aplikasi untuk banyak perusahaan seringkali tersedia secara online, jadi bersiaplah untuk mengisinya. Misalnya, aplikasi pekerjaan Walmart dapat diselesaikan secara online, dan begitu juga banyak perusahaan besar nasional lainnya. Faktanya, beberapa pemberi kerja tidak lagi menerima aplikasi kertas, dan pelamar harus melamar di situs web perusahaan atau situs web tempat perusahaan mencantumkan lowongan.

Selalu Ikuti Instruksi

Saat mengisi aplikasi online dan kertas, pastikan untuk mengikuti instruksi dengan ketat. Kesalahan sekecil apa pun dapat membuat aplikasi Anda tidak berjalan sebelum pemberi kerja memiliki kesempatan untuk meninjaunya.

Baca Juga  25 Tips Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaru

Anda juga dapat memeriksa situs web perusahaan atau cetakan kecil pada formulir aplikasi untuk memastikan Anda mengikuti petunjuknya.

Tinjauan Sebelum Mengirim

Sebelum Anda menekan tombol Kirim (atau kirimkan aplikasi Anda), bacalah petunjuk tentang cara melamar suatu posisi. Pastikan semua kolom terisi. Beberapa perusahaan menolak untuk menerima aplikasi yang tidak lengkap.

Beritahu Referensi Anda

Beri tahu referensi Anda bahwa Anda mencantumkannya di aplikasi Anda sehingga mereka dapat mengharapkan email atau panggilan telepon.

Persiapkan Sebelum Tes Rekrutmen

Beberapa perusahaan menguji pelamar kerja untuk melihat apakah kandidat cocok untuk posisi tersebut. Perusahaan yang melakukan tes rekrutmen (misalnya, penilaian bakat) mencari pelamar yang cocok dengan kriteria rekrutmen mereka.

Mempersiapkan tes pekerjaan akan membantu Anda merespons pertanyaan terkait pekerjaan dengan lebih baik. Beberapa perusahaan memerlukan pengujian obat untuk pencari kerja.

Lihat contoh aplikasi dan surat lamaran kerja

Ingat, semakin siap Anda, semakin baik peluang Anda untuk dipekerjakan. Ada baiknya melihat aplikasi sampel untuk memberi Anda gambaran tentang apa yang diperlukan dari Anda. Ini juga layak untuk mencetak dan mengisi satu atau dua formulir aplikasi sehingga Anda tahu bahwa Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengisi aplikasi.

Jika Anda perlu mengirim aplikasi melalui email atau menindaklanjuti aplikasi yang Anda kirimkan, luangkan waktu untuk membaca beberapa templat surat lamaran untuk menemukan contoh apa yang harus ditulis dan bagaimana menindaklanjutinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.