20 Aturan Dasar Menulis Surat Lemaran Pekerjaan Yang Wajib Anda Ikuti

5 min read

20 Aturan Dasar Menulis Surat Lemaran Pekerjaan Yang Wajib Anda Ikuti

Jika Anda berpikir untuk mengambil langkah baru dalam profesi Anda, surat lemaran pekerjaan Anda mungkin berlebihan dalam pikiran Anda. Kapan waktu penutupan Anda memperbaruinya? Bagaimana Anda akan menyesuaikan keterampilan pekerjaan atau industri Anda saat ini dengan yang benar-benar baru? Bagaimana Anda akan menonjol dari kandidat lain? Berapa lama dan mengerikan proses revisi ini akan praktis?

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini sendirian bisa jadi sulit, apalagi menjawabnya dengan tulus. Dan jika Anda tidak cukup segar dengan proses pencarian, konsep memikirkan segalanya dan mengembangkan CV yang cocok untuk wawancara kerja bisa habis.

Tidak takut! Kami telah membuat 20 panduan sederhana untuk membantu Anda mendapatkan kesepakatan yang baik menuju pemenuhan.

1. Simpan di satu sisi

Ini adalah hal yang besar! Jika seorang manajer perekrutan menghabiskan enam detik untuk mencari surat lemaran pekerjaan Anda, dia mungkin tidak akan sampai ke halaman dua! Kecuali Anda mengambil keuntungan dari diri Anda sendiri sebagai pemerintah atau mitra, satu pihak dapat melakukannya dan merupakan “praktik terbaik” yang sudah mapan. Pertimbangkan tujuan pengurangannya – ini bukan tentang menunjukkan semua yang pernah Anda capai, melainkan, sebagai alternatif, menunjukkan bahwa Anda memiliki warisan, keterampilan, dan kenikmatan tugas yang ada.

2. Hindari kesalahan ejaan atau tata bahasa

Satu lagi yang besar. Ada beberapa perekrut di luar sana yang akan memotong harga surat lemaran pekerjaan Anda segera setelah mereka melihat kesalahan ejaan atau tata bahasa. Meskipun bisa menyakitkan, pastikan Anda tidak hanya membaca surat lemaran pekerjaan Anda beberapa kali, tetapi mintalah seorang teman untuk melihatnya juga.

3. Perhatikan waktu

Ini adalah kesalahan umum lainnya yang tentu saja dapat menyakiti Anda di mata manajer perekrutan. Jika ada sesuatu dalam surat lemaran pekerjaan Anda di akhirat, gunakan masa lalu sebagai aturan, yang memberatkan (dikendalikan, diperkenalkan, terorganisir) dan jika Anda masih aktif dalam peran, gunakan yang ada yang menegangkan (kelola, peduli, persiapkan )).

4. Hindari kata ganti orang pertama

Sebagai praktik yang trendi, jangan gunakan kata-kata seperti “saya” atau “saya” atau “saya”. Jadi, alih-alih mengatakan, “Saya memenuhi dan melampaui kuota pendapatan organisasi 100% sepanjang waktu,” katakan, “Saya memenuhi dan melampaui kuota penjualan 100%.”

5. Kirim surat lamaran pekerjaan Anda sebagai PDF

Menyimpan surat lamaran pekerjaan Anda sebagai PDF (bukan Word dan Report) akan membekukannya sebagai gambar sehingga Anda dapat yakin bahwa manajer perekrutan akan melihat format yang sama seperti Anda. Jika Anda mengirimnya dengan cara lain, ada risiko bahwa desain, tata letak, font, dll. akan terlihat berbeda di laptop Anda dengan milik Anda.

Baca Juga  10 Tips Untuk Mengisi Aplikasi Surat Lamaran Kerja

6. Labeli file surat lamaran pekerjaan Anda dengan benar your

Terlalu banyak orang yang membeli kumpulan data penting ini dengan nama dokumen acak atau umum seperti sgks123.pdf atau surat lamaran pekerjaan.pdf. Ingat, perekrut dapat melihat nama catatan yang Anda kirimkan kepada mereka, dan jangan lupa mereka mendapatkan banyak surat lamaran pekerjaan setiap hari. Jadikan surat lamaran pekerjaan berkualitas yang harus mereka klik dengan menyimpannya dengan nama logis seperti firstname_lastname_curriculum vitae.pdf.

7. Memformat dalam struktur logis

Bahkan lebih penting daripada penamaan logis dari kumpulan data adalah desain logis dari surat lamaran pekerjaan Anda. Bagaimana Anda melakukannya dalam kenyataannya tergantung di mana Anda berada di jalur karier Anda dan apa yang Anda coba setelahnya. Meskipun kronologis adalah default, sekarang tidak selalu cara terbaik untuk mewakili kasus Anda. Penemu muse, Lily Zhang, memperkenalkan alternatif berlawanan yang mungkin bekerja lebih baik untuk Anda.

8. Pastikan mudah dibaca

Anda mungkin tergoda untuk hanya berhemat teks untuk mendapatkan surat lamaran pekerjaan Anda ke dalam bentuk pada satu halaman. (Mana yang lucu karena Anda ingat semua waktu di perguruan tinggi saat Anda melakukannya 12,5 untuk membuatnya lebih lama? Hidup!) Meskipun Anda dapat mengubah skala sampai tingkat tertentu, tidak ada cara Anda diizinkan untuk menggunakan font 10 faktor.

9. Tetap teratur dan menarik secara visual

Ingat bahwa manajer perekrutan biasanya hanya menghabiskan enam detik untuk melihat surat lamaran pekerjaan Anda? Bantu mereka memaksimalkan poin ini dengan membuat surat lamaran pekerjaan Anda sangat jelas dan mudah dipelajari. Anda ingin setiap bagian dicetak tebal (mungkin dengan huruf besar) dan setiap proses dicetak tebal. Jadikan gaya hidup Anda lebih mudah dengan menggunakan template.

10. Tetap konsisten

Sama seperti Anda membutuhkan tenses Anda untuk konsisten dari waktu ke waktu, pemformatan juga penting. Jika sebuah nama mengesankan, judul yang berlawanan harus dicetak tebal. Jika peluru memiliki durasi di perhentian, faktor peluru alternatif juga harus memilikinya.

11. Sertakan konteks

Saat membuat daftar pengalaman Anda, pastikan untuk menyertakan konteks. Di kota metropolitan mana, negara (atau AS) melakukan tugas ini. Sudahkah Anda bepergian dan tampil di banyak kota? Tanggal mana yang membuat Anda sangat senang? Apakah itu lima bulan atau lima tahun? Masalah konteks!

12. Hitung sebanyak yang Anda bisa

Siapa pun dapat mengatakan bahwa dia unggul dalam pekerjaan kelulusan mereka. Jadi, Anda ingin membuktikan kepada manajer perekrutan apa yang pasti telah Anda lakukan. Angka, peluang, dan statistik pendukung sangat membantu Anda mendapatkan dokumen yang sukses. Misalnya, alih-alih menggunakan “capai kuota penjualan secara efisien” sebagai poin penting pada surat lamaran pekerjaan Anda, katakan, “Dalam lima bulan tersisa, penuhi kuota pendapatan secara efektif dan telah mencapai 25% sasaran”. Anda dapat melakukan ini bahkan jika tidak ada nomor di posisi Anda.

Baca Juga  Kiat Sukses Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Mudah Diterima

13. Nama drop (dan judul drop) seperti yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya

Ini adalah risiko membual Anda. Jika Anda telah memperoleh tindakan atau peningkatan berdasarkan kinerja Anda secara keseluruhan, Anda harus menunjukkannya. Jika Anda pernah bekerja dengan CEO perusahaan atau merupakan faktor sentuh untuk klien korporat besar, tunjukkan nama mereka! Ini jelas menunjukkan bahwa Anda bisa menghadapi orang-orang yang kritis. Ini menunjukkan apa yang Anda yakini. Ini menunjukkan mana yang Anda sukses. (Pastikan Anda menyampaikan statistik dengan tepat dan tidak berlebihan.)

14. Jangan menambahkan referensi

Jangan gunakan ruang berharga Anda untuk mengambil nama dan menghubungi informasi dalam referensi Anda (atau untuk menulis hal-hal seperti “dapatkan referensi berdasarkan permintaan”). Catatan ini untuk perekrut untuk menentukan apakah mereka perlu berbicara dengan Anda, bukan referensi Anda lagi. Ketika mereka sampai pada titik di dalam utilitas di mana mereka perlu berbicara dengan orang-orang ini, mereka akan menghubungi Anda dan menanyakan nama-nama itu. Sampai saat itu, tidak disebutkan.

15. Gunakan penilaian Anda dalam hal kreativitas

Beberapa industri lebih kreatif daripada yang lain. Jika Anda menyukai media atau tata letak digital, atau pendidikan fakultas dasar, masuk akal untuk menjadi kreatif dan penuh warna di surat lamaran pekerjaan Anda. Jika Anda melamar pekerjaan di bidang keuangan, operasi, atau maxi, Anda mungkin perlu membuatnya tetap hitam putih dan bergantung. Pertimbangkan (atau kurangnya) kreativitas Anda.

16. Jangan daftar semua yang pernah Anda lakukan

Setiap kata pasti memiliki motif. Saat Anda menulis dan mengedit, tanyakan pada diri Anda, “Apakah kalimat ini akan membantu saya menemukan proses yang saya butuhkan?” Jika tidak, ingatlah untuk memperbaiki kalimat ini atau membuangnya.

17. Pikirkan tentang orang yang membaca surat lamaran pekerjaan Anda

Penting untuk tidak lupa bahwa ada orang sungguhan yang mempelajari ini. Dan penting juga untuk diingat bahwa adalah tugas mereka untuk menemukan pelamar yang hebat untuk diwawancarai dan memberikan hadiah kepada atasan atau kelompok mereka. Juga bukan kebiasaan mereka untuk membantu Anda. Jadi, Anda perlu memikirkannya saat menulis surat lamaran pekerjaan Anda. Bagaimana Anda bisa membuat proses Anda lebih mudah? Bagaimana Anda bisa menulis surat lamaran pekerjaan Anda sehingga dia bersemangat ketika melihatnya, berpikir Anda ideal untuk proses tersebut, dan siap untuk membuat dirinya tersedia untuk krunya dengan bantuan Anda menyediakannya.

Baca Juga  Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Terlihat Profesional

18. Pikirkan tentang apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain

Adalah penting bahwa pada titik tertentu dalam mode utilitas Anda adalah diri Anda sendiri (menempatkan kaki Anda yang berkualitas tinggi secara terang-terangan). Ini terdiri dari apa yang Anda tulis di materi perangkat lunak Anda. Jangan ragu untuk mengungkapkan siapa Anda sebenarnya, apa yang Anda sukai dan apa yang menarik minat Anda, karakter Anda, apa yang membuat Anda unik dan sebagainya. Meskipun pada kenyataannya ini membutuhkan beberapa penilaian (misalnya mengekspresikan karakter saat digunakan untuk fungsi tradisional dalam industri konvensional mungkin bukan sirkulasi berkualitas tinggi), pada akhirnya itu bisa menjadi komponen yang mengesampingkan Anda dan membuat Anda dipekerjakan.

Lagi pula, ini adalah orang-orang nyata yang mempekerjakan Anda dan kemungkinan besar mereka lebih suka berfoto dengan seseorang yang menarik dan memiliki subkultur yang sehat. Dan jika kepribadian Anda tidak mampu melakukan tugas itu, Anda mungkin tidak akan senang melakukannya untuk semua orang.

19. Pikirkan tentang posisi spesifik yang Anda lamar

Salah satu trik favorit saya untuk mengatakan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk suatu pekerjaan adalah dengan meninjau deskripsi pekerjaan dan membuat daftar frasa kunci. Kemudian, saat Anda menulis atau mengedit surat lemaran pekerjaan Anda, temukan metode untuk memasukkan frasa dan frasa tersebut dari deskripsi proses pilihan ke dalam surat lemaran pekerjaan Anda. Ini bisa menjadi keuntungan besar ketika mesin atau perekrut manusia membaca sepintas.

20. Anggap ini sebagai dokumen bercerita

Banyak petunjuk yang telah saya tulis semuanya mengisyaratkan gagasan umum bahwa surat lemaran pekerjaan Anda harus benar-benar dan secara ringkas menceritakan kisah “Anda” – dengan membantu manajer SDM melihat mengapa Anda adalah pria yang tepat atau wanita adalah wanita yang tepat untuk proses. Ini sebenarnya seluruh subjek. Pada akhirnya, saat Anda memeriksa ulang dan mengeditnya, pastikan itu menceritakan kisah latar belakang Anda, keterampilan yang Anda dapatkan selama ini, ulasan yang Anda dapatkan, dan jelaskan mengapa Anda berakhir di sana, di mana Anda berakhir hari ini dan mengapa posisi mereka mungkin dipekerjakan adalah langkah terbaik berikutnya untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.