Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar

4 min read

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Menulis surat lamaran kerja bukanlah proyek yang bersih. Anda memiliki banyak lukisan untuk mengubah surat lamaran kerja yang bagus menjadi yang menakjubkan.

Bagaimana Anda menulis adalah bagaimana perekrut memotret Anda. Kami telah mempelajari cara menulis surat lamaran kerja pribadi yang bagus untuk waktu yang lama, tetapi kami juga mengambil langkah serupa dengan tips di bawah untuk memastikan surat lamaran kerja Anda bangga.

1. Tunjukkan passion Anda .

Setiap organisasi ingin Anda bersemangat tentang apa yang Anda lakukan. Untuk mendapatkan minat mereka sejak awal pencarian pekerjaan Anda, Anda harus menunjukkan hasrat Anda untuk industri yang Anda coba masuki atau pekerjaan yang Anda coba masuki. Cara termudah untuk mencapai ini adalah dengan berbagi misi segi terkait dengan posisi yang Anda lamar.

Mari kita lihat Louis sebagai contoh. Louis menggunakan surat lamaran kerja Enhancv untuk mendapatkan pekerjaan di HotJar.

Ketika dia mulai bekerja sebagai pemasar konten di Hotjar, Louis mempresentasikan tugas aspeknya di surat lamaran kerjanya. Setelah mewawancarai lebih dari 10 pengusaha top di podcastnya, dia tahu ini akan menarik minat tim HotJar.

Dengan semangatnya, menjadi penting untuk memberinya wawancara. Ia menjadi seindividual mungkin, terdiri dari hasil-hasilnya. Louis percaya ini menggerakkan jarum untuknya.

Setiap tata letak surat lamaran kerja Enhancv mendukung fase perusahaan bersemangat tertentu yang dapat Anda gunakan untuk menunjukkan tugas-tugas yang telah Anda kerjakan tetapi tidak selalu sibuk.

2. Jadilah istimewa dan tunjukkan pengaruh Anda.

Anda mungkin pernah mendengar rekomendasi ini sebelumnya, tetapi “akurasi” dan “efek tampilan” cukup kabur. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan “membuat dampak”?

Intinya adalah memastikan bahwa setiap poin di segmen pengalaman Anda menjawab pertanyaan ini: “Apa yang telah berkembang menjadi hasil pertunangan saya?”

Ini menjamin bahwa surat lamaran kerja Anda akan langsung menonjol dari yang lain, terutama yang mencantumkan tugas paling sederhana.

Selain itu, alih-alih 10 poin peluru, fokuslah pada tiga hingga lima sesuai dengan posisi proses, tetapi biarkan mereka meninggalkan Anda. Mereka harus pendek, ringkas, dan seunik mungkin. Anda juga dapat menggunakan rumus Laszlo Bock: Puas X, diukur dari Y hingga Z.

Apa artinya itu dalam pelatihan? Berikut klarifikasi dari Laszlo Block (Google’s SVP People Operations):

Mulailah dengan kata kerja aktif, ukur secara numerik apa yang telah Anda lakukan, berikan dasar untuk evaluasi, dan jelaskan apa yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda.

Baca Juga  Kiat Sukses Melamar Pekerjaan

Contoh:

“Menghasilkan 2.300 prospek yang memenuhi syarat, kira-kira 700 lebih banyak dari rata-rata pendamping teknologi prospek, melalui kombinasi email tanpa darah dan pesan LinkedIn.”

Pada tahun 2021, setiap perusahaan menginginkan kandidat yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnisnya. Jadi tunjukkan pada mereka apa yang bisa Anda taruh di meja. Dan ingat, ini juga bisa menjadi pekerjaan sukarela.

3. Jangan memasukkan kata kunci satu per satu.

Teman-teman kami di Fairygodboss (blog karir untuk anak perempuan) membagikan rekomendasi mereka untuk surat lamaran kerja tahun 2021:

Selalu sesuaikan surat lamaran kerja Anda! Surat surat lamaran kerja Anda yang biasa ke semua orang tidak memberi Anda pekerjaan yang kompetitif (atau mungkin membuat Anda siap untuk wawancara).

Inilah Yang Dapat Anda Lakukan: Ambil stabilo, baik fisik maupun virtual, dan sorot setiap kata di surat lamaran kerja Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda gunakan. Dalam deskripsi proses, Anda harus menemukan setiap keterampilan dan tugas dan kemudian melihat apakah Anda memiliki sesuatu yang sesuai dengan surat lamaran kerja Anda.

Meskipun Anda tidak perlu mengulangi dan menyisipkan kata-kata ini secara sembarangan, Anda perlu memberikan bukti – bersama dengan surat lamaran kerja Anda – bahwa Anda telah meninjau deskripsi pekerjaan, memiliki pengalaman dan catatan kerja yang relevan, dan memiliki kompetensi yang dinyatakan.

4. Mintalah orang lain mengevaluasi surat lamaran kerja Anda.

Mengundang seseorang untuk melihat surat lamaran kerja Anda bukanlah ide yang buruk. Terutama jika itu adalah seseorang yang sering mengenal Anda dengan baik, mereka dapat membantu Anda dengan mengidentifikasi kekuatan Anda dan menemukan kesalahan.

Jika Anda menggunakan Enhancv, pastikan Penganalisis Konten diaktifkan. Ini mengenali frasa, pengulangan, atau kesalahan tata bahasa yang tidak jelas.

5. Berikan tautan ke profil media sosial Anda.

Setelah perekrut mendapatkan surat lamaran kerja, banyak dari mereka bergerak maju dan melihat tagihan media sosial Anda, 38% di antaranya tepatnya. Mengapa tidak membuatnya lebih mudah untuk mempekerjakan manajer dan hyperlink ke uang bagus Anda yang Anda berutang lagi?

Jika Anda membagi profil LinkedIn Anda, pastikan Anda telah memperbarui profil Anda agar sesuai dengan surat lamaran kerja Anda. Saat Anda membagikan Instagram atau Facebook Anda, pastikan bahwa semua foto dan postingan menempatkan Anda dalam sorotan yang sangat baik. Jika tidak, Anda berisiko tidak pernah mendengar kabar dari mereka lagi.

Baca Juga  20 Aturan Dasar Menulis Surat Lemaran Pekerjaan Yang Wajib Anda Ikuti

6. Pilih persentase yang tepat.

Jon dari Jobscan (tempat untuk menemukan rekomendasi dan saran surat lamaran kerja yang berharga) berkata:

Menyesuaikan surat lamaran kerja Anda agar sesuai dengan deskripsi pekerjaan bukan hanya tentang mencocokkan frasa kunci dan mengungguli sistem pelacakan pelamar.

Tekankan tanggung jawab dan pencapaian demi kepentingan terbaik Anda yang mungkin paling penting untuk pekerjaan yang Anda lamar, bahkan jika sebagian besar waktu Anda tidak dihabiskan untuk itu.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki pekerjaan di mana Anda menghabiskan 27 jam secara konsisten dalam seminggu untuk memenuhi pesanan dan mengelola inventaris untuk toko online perusahaan. Anda menghabiskan alternatif 13 jam menyediakan layanan pelanggan.

Saat mengamati pekerjaan baru sebagai perwakilan layanan pelanggan, Anda tidak harus memulai fase magang Anda dengan tugas pemenuhan dan inventaris, yang memakan waktu tidak lebih dari beberapa waktu.

Alih-alih, mulailah dengan dan tekankan dukungan pelanggan Anda karena perusahaan ingin membandingkannya dengan orang-orang yang berpikiran sama yang akan membuat Anda memenuhi syarat untuk posisi tersebut.

Berbagai tingkat kenikmatan Anda dapat disebutkan, tetapi tidak ingin mengambil 70 persen dari surat lamaran kerja Anda karena mengambil 70 persen dari minggu Anda.

7. Buat fase terpisah untuk pencapaian besar

Menambahkan segmen khusus untuk pencapaian Anda adalah cara lain untuk menyesuaikan surat lamaran kerja Anda dengan pekerjaan tertentu.

Ini adalah cara yang bagus untuk membatasi pekerjaan pengeditan yang perlu Anda lakukan. Pilih saja dua atau beberapa pencapaian yang terbaik untuk pekerjaan yang Anda inginkan dan letakkan di bagian terpisah.

Gunakan huruf tebal, miring, dan kapital untuk fokus pada pencapaian lain, termasuk yang terkait dengan keterampilan halus dalam pekerjaan Anda.

Saran Tata Letak surat lamaran kerja: Inilah cara membuat surat lamaran kerja yang diperhatikan.

Cara Anda menulis dan mendesain surat lamaran kerja Anda dapat membuat perbedaan antara diundang untuk wawancara atau tidak, tetapi desain surat lamaran kerja Andalah yang pada akhirnya akan diingat oleh manajer perekrutan.

Salah satu pedoman penulisan surat lamaran kerja terbaik yang harus kami kembangkan adalah memastikan bahwa desain surat lamaran kerja Anda benar-benar ideal. Terakhir, Anda perlu memilih font yang membuat surat lamaran kerja Anda mudah dibaca dan melengkapinya dengan skema warna yang menonjol.

Baca Juga  10 Tips Untuk Mengisi Aplikasi Surat Lamaran Kerja

Kami membuat Enhancv sebagai alat untuk membantu orang-orang yang bijaksana membuat surat lamaran kerja yang menakjubkan dan mudah diingat tidak peduli seberapa terampil mereka dalam mendesain, tetapi inilah tip favorit kami untuk memastikan Anda memiliki surat lamaran kerja yang menonjol.

8. Beri nama dokumen Anda dengan baik.

Ketika Anda mengirim surat lamaran kerja dan surat lamaran Anda ke perusahaan kapasitas, mereka semua akan ditempatkan di satu wilayah secara teratur. Itulah mengapa penting untuk memberi nama dokumen Anda dengan benar selain pekerjaan target Anda, bersama dengan panggilan pertama dan terakhir Anda.

Dengan cara ini, jika surat lamaran kerja Anda berakhir di file dengan banyak orang lain, perusahaan Anda yang kompeten dapat langsung mengidentifikasi panggilan Anda.

Kesalahan umum yang harus dihindari saat membuat surat lamaran kerja Anda.

Beberapa alasan paling umum mengapa kandidat tidak diundang ke wawancara untuk peran impian mereka dalam proses tersebut tentu sangat kecil. Anda hanya pergi dampak yang mengerikan.

Sejauh ini kesalahan yang paling umum adalah kesalahan ketik. Dapatkah Anda membayangkan bahwa karena salah ketik, Anda mungkin tidak mendapatkan nama untuk pertemuan litigasi?

Kesalahan ketik mengenai durasi dan tata letak bukanlah kesalahan yang paling jarang terjadi pada surat lamaran kerja. Untungnya, Enhancv surat lamaran kerja Builder menangani semua ini saat Anda mengidentifikasi hal-hal yang sangat penting.

Apa yang harus disertakan dalam surat lamaran kerja yang bagus?

surat lamaran kerja yang tepat perlu diisi dengan keseluruhan yang diperlukan untuk menunjukkan kegembiraan, gairah, dan keahlian Anda.

Dengan kata lain, surat lamaran kerja yang bagus pasti harus menunjukkan kegembiraan dan pengertian Anda. Dengan begitu, sekarang penting untuk tidak memasukkan semua aktivitas yang pernah Anda lakukan, hanya yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Kekuatan sebenarnya dari surat lamaran kerja adalah Anda menunjukkan dampak yang telah Anda buat. Baik itu proyek sampingan atau tugas pertama Anda yang tidak ada hubungannya dengan lokasi yang Anda lamar, Impact menunjukkan bahwa Anda proaktif dan berorientasi pada hasil.