Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

6 min read

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja, juga dikenal sebagai “resume”, dikirim bersama resume Anda selama proses aplikasi. Surat lamaran akan menambah kepribadian pada lamaran Anda dengan memberikan rincian lebih lanjut tentang latar belakang dan minat Anda pada posisi tersebut, sementara resume akan menambah lebih banyak keterampilan dan pengalaman profesional untuk aplikasi Anda. Pada artikel ini, kami menjelaskan cara menulis surat lamaran yang efektif dan menarik.

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang berdiri sendiri yang Anda kirim ke pemberi kerja potensial untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik pada posisi terbuka. Surat lamaran menjelaskan siapa Anda secara profesional dan pribadi. Surat itu harus menyoroti pencapaian dan keterampilan Anda dan membantu menarik perhatian perekrut atau perekrut yang bertugas meninjau aplikasi. Ditulis dengan baik, surat ini menjelaskan kepada pembaca mengapa mereka harus mengundang Anda untuk wawancara dan menyoroti keterampilan utama yang akan membuat Anda cocok untuk posisi tersebut.

Surat lamaran dapat mengesankan calon majikan dan membedakan Anda dari pelamar lainnya. Dalam surat lamaran Anda, Anda mungkin juga ingin menunjukkan bahwa Anda mengenal perusahaan tempat Anda melamar. Anda dapat berbicara tentang bagaimana tujuan dan aspirasi profesional Anda selaras dengan tujuan perusahaan. Penting bagi Anda untuk menggunakan surat lamaran Anda untuk menunjukkan aspek kepribadian Anda.

Tips untuk surat lamaran

Saat menyiapkan surat lamaran kerja , ikuti tip berikut untuk memastikan surat lamaran Anda menyertakan informasi yang dibutuhkan manajer perekrutan:

1. Tekankan keterampilan dan kemampuan Anda

Surat lamaran kerja adalah kesempatan Anda untuk menjual diri Anda sebagai kandidat yang sangat baik untuk posisi terbuka. Sertakan contoh spesifik situasi di mana Anda telah menggunakan pengalaman, keterampilan, dan kemampuan Anda untuk memberi manfaat bagi organisasi. Juga berguna untuk menyertakan data yang mendukung klaim Anda.

2. Tetap ringkas

Meskipun mungkin tergoda untuk memberikan banyak informasi terperinci tentang diri Anda, penting untuk dibuat ringkas. Ketika seorang manajer perekrutan menerima surat multi-halaman, mereka mungkin tidak meluangkan waktu untuk membacanya. Sebuah surat pendek lebih jelas dan lebih menarik.

3. Koreksi surat itu

Karena surat ini adalah kesan pertama Anda, Anda ingin memastikannya sepositif mungkin. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan dalam surat Anda untuk menghindari kesan pertama yang berpotensi negatif.

4. Tinjau kata kunci posting pekerjaan

Sebagian besar lowongan pekerjaan berisi keterampilan dan kemampuan tertentu yang diinginkan oleh manajer perekrutan dan manajer untuk diharapkan oleh pelamar. Dengan memasukkan kata kunci ini dalam surat lamaran Anda, Anda dapat menunjukkan kepada orang yang mengulasnya bahwa Anda cocok dengan peran khusus ini.

5. Kirimkan surat untuk setiap posisi yang Anda lamar

Kecuali jika lowongan pekerjaan secara khusus menyatakan bahwa Anda tidak boleh mengirim surat lamaran, disarankan untuk mengirim satu untuk setiap posisi yang Anda lamar. Surat ini menawarkan calon pemberi kerja kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan membedakan diri mereka dari pelamar lain.

Cara memformat surat lamaran

Saat menulis surat lamaran untuk suatu pekerjaan, ikuti langkah-langkah ini untuk memastikan Anda menyertakan informasi tentang diri Anda dan pengalaman kerja Anda yang menarik bagi manajer perekrutan:

  • Gunakan format profesional.
  • Buat judul.
  • Alamat surat itu kepada manajer perekrutan.
Baca Juga  Kiat Sukses Melamar Pekerjaan

1. Gunakan format profesional

Surat lamaran harus lebih profesional daripada kartu ucapan terima kasih atau email ke kolega atau teman. Orientasi dokumen harus mencakup spasi tunggal, margin 1 inci, dan justifikasi kiri. Yang terbaik adalah menggunakan font tradisional profesional, seperti Times New Roman, berukuran 10 hingga 12 poin. Cobalah untuk menyimpan surat lamaran Anda pada satu halaman. Saat manajer perekrutan meninjau surat lamaran Anda, dia akan mendapatkan kesan pertama tentang Anda sebagai calon karyawan. Jadi luangkan waktu untuk membuatnya profesional dan tetap ringkas.

2. Buatlah judul

Gunakan judul bisnis formal untuk surat lamaran Anda. Judul harus menyertakan nama dan detail kontak Anda, tanggal, serta nama dan alamat perusahaan. Jika Anda mengirim surat lamaran melalui email, Anda dapat menghapus nama dan detail kontak Anda dari header dan meletakkannya di akhir email setelah tanda tangan.

Contoh judul:

  • Nama Anda
  • kota dan kode pos
  • nomor telepon
  • alamat email
  • Tanggal
  • Nama manajer atau supervisor
  • perekrutan Judul manajer perekrutan atau supervisor
  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan

Judul yang profesional dan terperinci dapat memudahkan manajer perekrutan untuk menindaklanjuti posisi tersebut.

3. Alamat surat itu kepada manajer perekrutan

Saat Anda meneliti, coba temukan nama orang yang meninjau lamaran untuk posisi tersebut. Alamat surat Anda kepada orang ini dengan salam bisnis standar, B. “Yang terhormat Bapak/Ibu”. dan nama belakang mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan kata ganti jenis kelamin pilihan (she / she, she / she) dari orang yang meninjau aplikasi Anda, Anda dapat menggunakan “Dear [nama depan dan belakang]” atau “Dear Recruiter”.

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja ?

  • Tinjau informasi tentang perusahaan dan posisi
  • Buka surat yang menjelaskan minat Anda
  • Jelaskan pengalaman dan kualifikasi Anda
  • Sertakan aspek kepribadian Anda
  • Ungkapkan penghargaan
  • Tutup suratnya

1. Periksa informasi tentang perusahaan dan posisi

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menulis surat lamaran baru untuk setiap posisi yang Anda lamar, sehingga Anda dapat memberikan informasi yang relevan dan menyatakan minat Anda pada posisi terbuka masing-masing. Luangkan waktu untuk meninjau informasi perusahaan yang mungkin Anda temukan di situs web, serta daftar pekerjaan. Bandingkan kualifikasi dan pengalaman Anda dengan daftar keterampilan dalam iklan ini. Anda mungkin juga ingin memikirkan pengalaman spesifik yang mempersiapkan Anda untuk peran tersebut, seperti memimpin tim atau memimpin acara besar.

2. Buka surat yang menggambarkan minat Anda

Di paragraf pertama surat lamaran Anda, nyatakan judul pekerjaan yang Anda lamar dan di mana Anda melihat posting pekerjaan. Cantumkan minat khusus Anda pada posisi dan perusahaan sehingga pembaca tahu bahwa ini bukan surat pengantar umum. Sebutkan secara singkat pengalaman atau kualifikasi terpenting Anda yang sesuai dengan Anda. Ini adalah bagian yang menarik manajer perekrutan sebagai pembaca surat lamaran Anda. Oleh karena itu, penting untuk menyapanya dengan cepat dan singkat.

Contoh: “Saya melihat iklan lowongan kerja untuk posisi sebagai magang pemasaran di bursa kerja online di universitas saya dan saya sangat tertarik. Saya tertarik pada misi perusahaan Anda untuk mengutamakan inovasi dan pelanggan. Saya berada di tahun terakhir gelar sarjana saya di bidang pemasaran dengan minor dalam komunikasi dan merasa bahwa pengalaman pendidikan saya mempersiapkan saya untuk bekerja di departemen pemasaran yang bergerak cepat seperti milik Anda.”

Baca Juga  20 Aturan Dasar Menulis Surat Lemaran Pekerjaan Yang Wajib Anda Ikuti

3. Jelaskan pengalaman dan kualifikasi Anda

Paragraf berikutnya dari surat Anda harus menyoroti pengalaman, kualifikasi, dan keterampilan Anda dan diposisikan agar selaras dengan tujuan dan misi perusahaan. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di lembaga nonprofit yang memberikan pendidikan kepada anggota komunitas yang kurang terlayani, Anda dapat berbagi pengalaman dengan lembaga nonprofit atau pendidikan. Karena surat lamaran tanpa resume harus berdiri sendiri, akan sangat membantu untuk memasukkan informasi tentang pengalaman Anda yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.

4. Sertakan aspek kepribadian Anda

Saat Anda menulis surat lamaran Anda, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat memasukkan aspek kepribadian Anda sambil tetap profesional. Surat yang ramah dan menarik kemungkinan akan menarik bagi pembaca, terutama jika mereka mengetahui seberapa cocok Anda dengan tim.

Misalnya, dalam situasi di atas, jelaskan dalam surat Anda bahwa Anda pandai berinteraksi dengan anak-anak atau bahwa Anda menghargai rasa kebersamaan.

5. Mengungkapkan penghargaan

Sebelum menandatangani surat Anda, ucapkan terima kasih kepada manajer perekrutan karena telah meninjau surat Anda dan mempertimbangkan Anda untuk posisi tersebut. Manajer perekrutan meluangkan waktu untuk membaca apa yang Anda tulis. Oleh karena itu, merupakan cara yang sopan dan profesional untuk menutup dokumen dengan mengucapkan terima kasih atas waktunya.

Contoh: “Saya menghargai waktu yang Anda luangkan untuk membaca surat lamaran saya. Karena Anda mungkin telah menerima sejumlah lamaran dan surat untuk posisi terbuka ini, saya sangat berterima kasih kepada Anda atas waktu yang Anda habiskan untuk membaca tentang saya dan apa yang sebabkan saya cocok untuk posisi ini. “

6. Tutup suratnya

Banyak orang menggunakan “Hormat” atau “Terbaik” untuk menutup surat, meskipun berhenti berlangganan profesional tidak masalah. Baris terakhir surat itu harus nama lengkap Anda. Jika Anda mengirimkan surat di atas kertas, tambahkan tanda tangan Anda di atas nama yang Anda masukkan. Saat mengirim surat lamaran melalui email, Anda harus menyertakan detail kontak Anda di bawah nama Anda dan bukan di header.

Mengirim surat lamaran kerja

Format surat lamaran Anda tergantung pada bagaimana Anda mengirimkannya ke manajer perekrutan atau penyelia. Jika Anda ingin mengirim surat lamaran melalui email, formatnya berbeda dengan surat cetak. Informasi kontak Anda harus berada di bagian bawah email dengan memasukkan nama lengkap Anda.

Saat mengirim surat lamaran melalui email, penting juga untuk mempertimbangkan baris subjek mana yang digunakan untuk memastikan bahwa manajer perekrutan membuka email dan membaca surat Anda. Saat manajer perekrutan memindai kotak masuk mereka, mereka akan melihat baris subjek yang Anda masukkan terlebih dahulu, bersama dengan nama dan alamat email Anda. Keputusan untuk membaca atau menghapus email pada akhirnya tergantung pada baris subjek yang Anda pilih, yang berarti ini adalah kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama.

Baris subjek terbaik adalah profesional, sopan, relevan, dan ringkas. Saat mengirim email lamaran, penting untuk menyertakan judul posisi yang Anda tanyakan atau yang Anda lamar. Baris subjek tertentu juga membantu pembaca untuk mengkategorikan email dengan benar dan meresponsnya dengan tepat. Periksa baris subjek Anda untuk meyakinkan bebas berasal dari kesalahan.

Baca Juga  10 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Untuk Membantu Anda Menemukan Pekerjaan

Template surat lamaran

Saat merencanakan surat lamaran Anda, pertimbangkan templat berikut:

Nama Anda,
alamat
Anda , alamat email Anda ,
nomor telepon Anda

tanggal

Nama manajer atau supervisor
perekrutan Judul manajer perekrutan atau supervisor
Nama perusahaan
Alamat perusahaan

Salam [Bapak/Ibu] yang terhormat,

Jelaskan di mana Anda melihat lowongan pekerjaan dan nyatakan minat Anda untuk bekerja di posisi tersebut.

Diskusikan beberapa kualifikasi Anda yang akan membawa dampak Anda sesuai untuk pekerjaan itu.

Jelaskan pengalaman Anda sebelumnya dengan cara yang menonjolkan kepribadian dan keterampilan Anda, sambil menunjukkan bagaimana Anda selaras dengan tujuan perusahaan.

Tunjukkan penghargaan Anda kepada manajer perekrutan sebab sudah meninjau surat Anda. Jika perlu, tambahkan informasi tindak lanjut.

Kesimpulan [Hormat kami]
Tanda tangan
Anda Nama Anda (tercetak)

Contoh surat lamaran

Gunakan contoh surat lamaran ini untuk menginspirasi Anda menulis sendiri:

Lee Jimenez
483 Apfelstraße
New York, NY 10001
(212) 555-8965
[email protected]

15. September 2019


Perekrut Sarah Jenkins
Rogers Consulting
901 High Street
New York, NY 10001

Ibu Jenkins yang terhormat,

Saya menghubungi Anda mengenai posisi perekrut yang saya temukan di Indeed.com. Saya sangat tertarik dengan posisi ini dan akan menghargai pertimbangan Anda sebagai kandidat untuk posisi tersebut.

Dalam pengalaman saya sebelumnya, saya bekerja di departemen SDM untuk memberikan dukungan di berbagai industri. Dalam peran saya saat ini sebagai generalis sumber daya manusia, saya telah bekerja selama empat tahun terakhir. Sebelum itu, saya bekerja sebagai asisten personalia selama dua tahun, yang menunjukkan kemampuan saya untuk berkembang secara profesional.

Saya memiliki hasrat yang kuat untuk membantu orang lain, itulah sebabnya saya telah memenuhi diri saya begitu banyak dalam pekerjaan SDM, mendukung rekan kerja saya dan dukungan yang bermanfaat bagi mereka baik secara pribadi maupun profesional. Saya juga ingin mencari solusi untuk masalah umum SDM yang menurut saya akan menjadi aset yang bagus untuk posisi di perusahaan Anda. Karena posisi konsultan ini bekerja secara langsung dengan beberapa klien dan mendukung mereka dengan persyaratan personel mereka, saya percaya bahwa karakter inovatif saya dan keterampilan saya yang kuat akan membantu saya untuk sukses.

Saya memiliki keterampilan komunikasi yang kuat yang sangat penting untuk kesuksesan di HR. Saya juga memiliki gelar sarjana di bidang sumber daya manusia dari Arizona State University. Sepanjang pelatihan saya, saya telah bekerja dengan profesional HR berpengalaman yang telah berbagi wawasan dan pengalaman mereka dengan saya. Keterampilan terkuat saya termasuk kemampuan saya untuk meningkatkan loyalitas karyawan dengan meningkatkan budaya perusahaan dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan untuk memastikan bahwa semua karyawan memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan untuk sukses dan mematuhi persyaratan hukum.

Saya menghargai waktu Anda untuk meninjau surat ini dan berharap untuk mendengar dari Anda tentang langkah selanjutnya dalam proses rekrutmen. Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Hormat kami,
Lee Jimenez

Leave a Reply

Your email address will not be published.