Kiat Sukses Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Mudah Diterima

1 min read

Kiat Sukses Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Mudah Diterima

Mengembangkan surat lamaran pekerjaan yang berarti adalah langkah pertama dalam mengamankan pekerjaan. Pelajari cara membuat resume dan surat lamaran yang disesuaikan dan nyatakan dengan jelas kriteria pemilihan untuk posisi tersebut.

Lamaran Anda sering kali merupakan kontak pertama Anda dengan calon pemberi kerja. Kunci untuk mengembangkan surat lamaran pekerjaan yang kuat adalah menyesuaikan dokumen Anda secara khusus dengan kebutuhan peran dan organisasi target. Lihat lamaran sebagai peluang untuk menunjukkan dengan jelas bahwa kualifikasi, keterampilan, kemampuan, dan pengalaman Anda cocok untuk posisi tersebut.

Apa yang harus disertakan dalam surat lamaran pekerjaan anda?

Persyaratan surat lamaran pekerjaan bervariasi dari organisasi ke organisasi. Karena itu, baca, pahami, dan ikuti instruksi perusahaan. Anda dapat meminta beberapa atau semua dokumen berikut:

  • Surat motivasi
  • Pernyataan tentang kriteria seleksi
  • Formulir surat lamaran pekerjaan online
  • Dokumen pendamping, mis. B. Ijazah Akademik.

Untuk surat lamaran pekerjaan melalui email, Anda harus menulis pengantar singkat ke teks email dan melampirkan dokumen yang diminta. Email Anda harus menjelaskan posisi yang Anda lamar dan menarik perhatian pembaca ke dokumen terlampir. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memberikan rincian kontak Anda dan membiarkan perusahaan tahu bahwa Anda tersedia untuk wawancara. Jangan menduplikasi surat lamaran Anda – tetap ringkas.

Kiat sukses membuat surat lamaran pekerjaan

1. Penilaian diri

Penilaian diri melibatkan pemikiran tentang minat, nilai, keterampilan, dan kekuatan Anda untuk mengidentifikasi jenis pekerjaan dan organisasi yang tepat untuk Anda. Tuliskan kekuatan utama Anda dan situasi di mana Anda mengembangkan atau menggunakan kekuatan tersebut. Misalnya, Anda mungkin telah memperoleh keterampilan komunikasi verbal yang kuat dengan memberikan presentasi dan melakukan pekerjaan biasa di bidang penjualan. Anda harus dengan jelas menyatakan karakteristik Anda yang relevan dalam surat lamaran pekerjaan.

Baca Juga  Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

2. Menganalisis iklan pekerjaan

Sebagian besar pemberi kerja menggunakan lowongan pekerjaan untuk menjelaskan apa yang mereka cari dari seorang kandidat. Kriteria pemilihan (persyaratan untuk peran) dapat dicantumkan dengan jelas atau “tersembunyi” di teks iklan. Cari kata kunci yang menunjukkan keterampilan, pengalaman, pendidikan, atau sifat. Berikan perhatian khusus pada kata kunci atau frasa yang berulang.

3. Lakukan riset tentang perusahaan tersebut

Lakukan riset sehingga Anda memahami apa yang dilakukan organisasi dan bagaimana organisasi itu menampilkan dirinya. Di situs web Anda akan menemukan laporan tahunan dan informasi tentang layanan atau produk, pernyataan nilai dan misi, struktur dan budaya. Gunakan panduan sumber daya perpustakaan universitas untuk meneliti organisasi dan industri dan mencari Factiva untuk referensi organisasi di media. Jika memungkinkan, bicaralah dengan orang-orang yang bekerja di organisasi target Anda di pameran karier, acara pemberi kerja, atau pertemuan informasi.

4. Tulis surat lamaran pekerjaan

Tulis surat lamaran pekerjaan yang ditargetkan yang spesifik untuk posisi dan perusahaan. surat lamaran pekerjaan Anda harus mencerminkan minat Anda pada pemberi kerja dan memberikan bukti bahwa Anda memenuhi persyaratan posisi tersebut. Saat menulis lamaran Anda, fokuslah pada keterampilan dan karakteristik yang tercantum dalam posting pekerjaan atau terungkap melalui penelitian Anda dan selalu berikan bukti keterampilan Anda (yaitu di mana / bagaimana Anda mengembangkan / menggunakan keterampilan tertentu dan sejauh mana).

5. Ikuti instruksi perusahaan

Sertakan semua dokumen dan informasi yang diminta oleh pemberi kerja dan isi semua bidang saat melamar menggunakan formulir online. surat lamaran pekerjaan yang tidak lengkap tidak dapat dipertimbangkan. Jika Anda tidak yakin tentang proses surat lamaran pekerjaan, hubungi perusahaan untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga  10 Tips Rekomendasi Untuk Membuat Surat Lamaran Kerja Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.