Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Terlihat Profesional

3 min read

Beberapa perusahaan mengharuskan Anda untuk mengisi surat lamaran kerja (atau bahkan beberapa) untuk melamar suatu posisi. Mereka melakukan ini untuk mengetahui apakah Anda berhak secara hukum untuk mendapatkan informasi kontak Anda dan untuk mengetahui apakah Anda orang yang tepat untuk bisnis mereka.

Anda sebagai pemohon juga mendapatkan keuntungan dari ini. Ini memberi Anda kesempatan untuk menguraikan jalur pendidikan Anda, menyoroti keterampilan Anda yang relevan dengan pekerjaan itu, dan berbagi pengalaman Anda. Ini termasuk kegiatan sukarela, kegiatan sebelumnya dan pekerjaan Anda saat ini.

surat lamaran kerja sering kali mengharuskan Anda menulis beberapa ratus kata tentang diri Anda. Ini memberi majikan kesempatan untuk meninjau keterampilan membaca dan menulis Anda dan keterampilan komunikasi tertulis Anda.

Karena surat lamaran kerja semacam itu bisa memakan waktu lebih lama daripada hanya membuat resume. Tetapi dengan mengisi satu, Anda menunjukkan kepada majikan bahwa Anda serius, menginginkan pekerjaan itu.

Banyak surat lamaran kerja yang lama dan memakan waktu. Jadi jangan biarkan terlalu dekat dengan tenggat waktu sebelum Anda mulai. Beri diri Anda waktu sehingga Anda tidak perlu terburu-buru.

Sebagian besar surat lamaran kerja berisi bagian berikut :

1. Informasi pribadi

Ini adalah bagian yang paling mudah. Pastikan Anda memasukkan semua informasi yang relevan di bagian yang benar. Ini termasuk nama Anda, alamat email Anda dan nomor telepon Anda.

2. Pendidikan

Anda harus menyelesaikan semua gelar Anda dari sekolah menengah (seringkali dengan nilai) hingga kelulusan dan seterusnya jika perlu.

Namun, jika Anda seorang profesional yang lebih berpengalaman dan Anda melamar posisi manajerial, ada baiknya untuk meringkas kinerja akademik Anda dalam satu kalimat singkat.

Baca Juga  Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Terlihat Luar Biasa

Penting bahwa Anda memiliki persyaratan pelatihan minimum yang ditetapkan untuk pekerjaan itu. Banyak perusahaan sekarang menggunakan Sistem Pelacakan Pemohon (ATS). Jadi jika Anda tidak memenuhi nilai yang dipersyaratkan, surat lamaran kerja Anda dapat langsung ditolak.

Menariknya, ATS sering menjadi alasan untuk mengisi surat lamaran kerja selain resume Anda. ATS akan memindai surat lamaran kerja Anda untuk memastikan bahwa Anda cocok untuk posisi tersebut. Jika Anda berhasil, perekrut manusia akan membaca resume Anda.

3. Riwayat pekerjaan

Penting bagi Anda untuk memberikan riwayat profesional lengkap Anda, dimulai dengan pekerjaan terakhir Anda dan bekerja mundur. Jangan lupa untuk menyertakan magang, pekerjaan sukarela atau tidak dibayar, dan bahkan pekerjaan liburan.

Jika Anda telah melakukan gap year, pastikan Anda memasukkan semua detail yang relevan. Jelaskan apa yang Anda lakukan dan ke mana Anda pergi, pekerjaan atau sukarela apa yang Anda ambil selama waktu itu dan keterampilan apa yang Anda peroleh dalam proses tersebut.

4. Aktivitas dan minat

Dalam hal minat dan hobi pribadi Anda, hanya sertakan yang mungkin relevan dengan posisi yang Anda lamar; tapi berpikir di luar kotak.

Misalnya, jika Anda adalah anggota dari sebuah perusahaan akting amatir lokal dan Anda melamar posisi yang membutuhkan berbicara di depan umum, pastikan Anda menunjukkan bagaimana satu dapat menguntungkan yang lain.

5. Referensi

Idealnya, Anda harus memiliki dua referensi. Satu harus dari majikan Anda saat ini, yang lain bisa dari majikan yang berbeda atau kesaksian karakter dari rekan kerja saat ini.

Jika ini tidak berlaku atau memungkinkan, pastikan Anda menyertakan seseorang yang telah bekerja dengan Anda secara permanen; atau seseorang yang telah bekerja dengan Anda selama menjadi sukarelawan atau magang.

Baca Juga  10 Tips Untuk Mengisi Aplikasi Surat Lamaran Kerja

6. Pernyataan pribadi

Beberapa surat lamaran kerja mengharuskan Anda untuk menulis pernyataan pribadi atau dukungan. Di sini Anda perlu menjelaskan mengapa Anda melamar posisi tersebut dan bagaimana Anda memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

Luangkan waktu untuk menyatukan ini – ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kesesuaian Anda untuk pekerjaan itu.

Jelaskan mengapa Anda melamar posisi tersebut, bagaimana pengalaman dan keterampilan Anda menjadikan Anda kandidat yang ideal untuk posisi tersebut dan bagaimana kepribadian Anda akan memperkaya Anda untuk perusahaan.

Anda juga harus memberikan contoh dari pekerjaan Anda saat ini atau sebelumnya untuk mendukung kasus Anda.

Jangan lupa untuk menyebutkan mengapa pekerjaan ini merupakan langkah maju yang baik untuk karir dan tujuan jangka panjang Anda – tetapi buat bagian ini tetap singkat.

Tujuan utama dari pernyataan pribadi Anda adalah untuk menunjukkan kesesuaian Anda untuk posisi tersebut dan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah bagi pemberi kerja.

7. Masalah kompetensi

Pertanyaan-pertanyaan ini menguraikan situasi umum terkait pekerjaan dan menanyakan bagaimana Anda akan menyelesaikannya menggunakan contoh dari pengalaman Anda.

Ini bisa sangat mudah ditunjukkan ketika Anda bekerja sebagai bagian dari tim dan peran apa yang Anda mainkan di dalamnya.

Namun, pertanyaan berbasis kompetensi terkadang bisa sedikit lebih rumit. Misalnya, Anda dapat menggambarkan situasi di mana Anda membuat perubahan; dan mintalah untuk menghubungkannya dengan saat Anda menggunakan kompetensi utama tertentu.

Sebelum memulai pencarian pekerjaan, ada baiknya Anda membaca pertanyaan kompetensi umum sehingga Anda tahu cara menjawabnya dengan benar.

Kiat paling penting untuk mengisi surat lamaran kerja

Saat mengisi surat lamaran kerja Anda, ada beberapa langkah penting yang perlu Anda ambil:

  • Teliti perusahaan dan pekerjaannya
  • Pastikan semua detail pekerjaan Anda benar
  • Koreksi dengan hati-hati untuk kesalahan ejaan dan tata bahasa
  • Baca lagi untuk memastikan Anda jelas setiap saat
  • Selalu jujur
Baca Juga  Kiat Sukses Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Agar Mudah Diterima

Kesalahan surat lamaran kerja umum

Sangat mudah untuk membuat kesalahan, terutama jika Anda terburu-buru melamar. Luangkan waktu Anda dan hindari kesalahan berikut:

  • Kesalahan ejaan dan tata bahasa
  • Kirim lamaran ke orang yang salah
  • Jangan ikuti petunjuk di formulir
  • Jangan menyesuaikan surat lamaran kerja dengan posisi yang Anda lamar
  • Meninggalkan celah dalam karir profesional Anda
  • Melewati batas waktu

Ingatlah untuk mengingat tip-tip ini saat Anda membuat surat lamaran kerja Anda sebaik mungkin. Pastikan surat lamaran kerja Anda teratur dengan mengikuti tips surat lamaran kerja ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.