Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Sudah Terbukti Berhasil

4 min read

Pengusaha memiliki banyak sekali lamaran kerja untuk disaring, jadi tidak cukup untuk melewatkan beberapa jawaban dan berharap yang terbaik. Anda perlu mempersiapkan dengan hati-hati dan menunjukkan keterampilan yang Anda cari Sementara beberapa posisi hanya mengharuskan Anda untuk mengirim resume dan surat lamaran kerja, banyak posisi lulusan mengharuskan Anda untuk mengisi formulir aplikasi.

Anda perlu mengisi sebagian besar formulir aplikasi online melalui situs web perusahaan, tetapi formulir kertas diterima dalam beberapa kasus.

Bagaimana saya mempersiapkan surat lamaran kerja ?

Setelah Anda menemukan posisi yang ingin Anda lamar, jangan langsung mengisi formulir aplikasi. Luangkan waktu untuk mempersiapkan karena akan membuat tugas jauh lebih mudah.

Kumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan, termasuk rincian kinerja akademik Anda, sejarah profesional, dan informasi kontak untuk pengulas Anda.

Anda akan membuat kesan pertama yang baik jika Anda melakukan riset – cari tahu apa tujuan perusahaan yang Anda lamar, industri apa yang mereka geluti, dan siapa pesaing utamanya. Menjelajahi saluran media sosial mereka adalah tempat yang baik untuk memulai.

Pelajari deskripsi pekerjaan sehingga saat Anda mengisi formulir, Anda dapat merujuk pada keterampilan dan kualitas khusus yang dicari oleh pemberi kerja.

Terakhir, baca instruksi dengan cermat untuk memastikan Anda mengisi bagian formulir yang benar dan mengetahui kapan tenggat waktu telah berlalu.

Informasi apa yang harus saya berikan dalam formulir aplikasi lamaran kerja ?

Formulir aplikasi harus mendorong majikan untuk mengenal Anda untuk belajar lebih banyak dan untuk menunjukkan keahlian Anda. Bagian khas dari formulir aplikasi adalah:

  • Detail pribadi – Berikan detail dasar seperti nama dan alamat email Anda.
  • Latar belakang pendidikan – Berikan informasi tentang prestasi akademik Anda, termasuk universitas yang diikuti, kursus yang diselesaikan, dan kualifikasi yang diperoleh.
  • Pengalaman Kerja – Cantumkan riwayat profesional Anda dan jelaskan peran dan tanggung jawab utama Anda di setiap posisi, dengan menyoroti yang paling terkait erat dengan posisi yang Anda lamar.
  • Pertanyaan Berbasis Kompetensi – Berikan contoh spesifik saat Anda mendemonstrasikan keterampilan yang dibutuhkan untuk peran tersebut. Hindari menjadi kabur dan jangan buang-buang ruang menulis tentang keterampilan yang Anda miliki yang tidak relevan – lihat contoh pertanyaan dan jawaban untuk bantuan.
  • Pernyataan Pribadi – Tulis kasus yang terstruktur dengan baik dan beralasan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu dan lihat kembali spesifikasi orang dalam iklan.
Baca Juga  Kiat Sukses Melamar Pekerjaan

Jangan takut untuk menjual diri Anda sendiri. Tunjukkan hasrat Anda untuk perusahaan atau pekerjaan dan kesuksesan sebelumnya yang dapat Anda hubungkan dengan peran tersebut. Saat Anda menulis jawaban Anda, selalu pertimbangkan keterampilan apa yang diinginkan pemberi kerja dan bagaimana Anda dapat menunjukkan bahwa Anda memilikinya.

Sebagian besar formulir aplikasi juga mengharuskan Anda untuk mengidentifikasi setidaknya dua orang yang dapat memberikan referensi. Terkadang Anda juga akan diminta untuk melampirkan resume dan surat lamaran kerja.

Jangan pernah berbohong pada formulir aplikasi Anda. Ini tidak hanya tidak jujur, tetapi juga dapat memiliki konsekuensi yang lebih serius – misalnya, mengubah klasifikasi Anda dari 2: 2 menjadi 2: 1 akan dianggap sebagai penipuan gelar dan dapat mengakibatkan hukuman penjara.

Bagaimana cara memperbaiki aplikasi saya?

Saat Anda memperbaiki gaya penulisan Anda, Anda akan meningkatkan kualitas aplikasi Anda. Pengusaha mencari pelamar yang percaya diri yang dapat meyakinkan mereka tentang kemampuan mereka – tunjukkan kesesuaian Anda dengan jawaban singkat, ringkas dan positif.

Kamu juga harus melihat beberapa saran dibawah ini :

  • Gunakan kata kerja kekuatan seperti diubah, disampaikan, dicapai, dan terinspirasi
  • memilih kata-kata deskriptif seperti efektif, konsisten, ditentukan, dan mudah beradaptasi
  • Fokus menjawab pertanyaan dan hindari bertele-tele atau terlalu kabur
  • Pilih contoh yang sesuai dari pencapaian Anda sebelumnya
  • Tunjukkan antusiasme untuk peran itu
  • Pastikan ejaan dan tata bahasa Anda benar.

Undang orang lain, seperti konselor karir, orang tua, atau teman, untuk membaca formulir aplikasi Anda. Sepasang mata kedua akan membantu Anda menemukan kesalahan yang mungkin belum Anda temukan.

Apakah saya harus mengungkapkan data pribadi saat melamar kerja ?

Banyak lulusan universitas berkomitmen untuk mempromosikan keragaman dan kesempatan yang sama di tempat kerja, dan Undang-Undang Kesetaraan 2010 secara hukum melindungi orang dari diskriminasi di tempat kerja dan di masyarakat pada umumnya. Sembilan fitur dilindungi oleh hukum:

  • Mengubah
  • disabilitas
  • transformasi gender
  • Pernikahan dan kemitraan sipil
  • Kehamilan dan keibuan
  • Lari
  • Agama
  • Jenis Kelamin (jenis kelamin)
  • orientasi seksual.
Baca Juga  10 Tips Rekomendasi Untuk Membuat Surat Lamaran Kerja Lebih Baik

Saat melamar, ingatlah bahwa Anda tidak diharuskan untuk memberikan informasi apa pun tentang karakteristik yang disebutkan di atas dan perekrut tidak boleh mendiskriminasi pelamar dengan alasan ini. Anda mungkin diminta untuk memberikan informasi ini pada formulir rahasia kesempatan yang sama, biasanya pada halaman terakhir aplikasi, atau pada formulir terpisah. Satu-satunya tujuan dari ini adalah untuk memantau komitmen pemberi kerja terhadap kesetaraan dan keragaman. Itu tidak boleh dilihat oleh siapa pun yang terlibat dalam rekrutmen atau digunakan dalam proses seleksi. Jika Anda memilih untuk tidak menjawab beberapa atau semua pertanyaan ini, Anda biasanya dapat memilih opsi Jangan Beri tahu.

Meskipun tidak ada kewajiban hukum untuk mengungkapkan informasi pribadi kepada atasan Anda, sepenuhnya terserah Anda apakah Anda melakukannya. Jika Anda merasa tidak nyaman untuk menunjukkan ini pada formulir aplikasi, ada cara lain untuk melakukannya, seperti: B. selama wawancara, setelah tawaran pekerjaan atau di tempat kerja.

Misalnya, jika Anda ingin mengungkapkan kecacatan selama fase aplikasi, contoh surat lamaran kerja kami akan menunjukkan cara melakukannya. Jika Anda ingin mengungkapkan bahwa Anda adalah transgender selama wawancara, Anda dapat menanyakan tentang pedoman untuk berurusan dengan karyawan transeksual atau bertanya tentang kelompok inisiatif yang dapat Anda ikuti.

Anda dapat mengeluh jika Anda merasa didiskriminasi selama proses perekrutan. Pertama dan terpenting, mungkin membantu untuk mengunjungi Acas, lembaga publik independen yang menawarkan saran gratis dan tidak memihak tentang masalah tempat kerja.

Bagaimana cara saya mengirimkan formulir aplikasi saya?

Anda mengisi sebagian besar formulir aplikasi online. Di sebagian besar situs web pemberi kerja, mendaftarkan detail Anda berarti Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda saat bepergian, yang berarti Anda tidak perlu mengisi formulir sekaligus.

Mengetik jawaban Anda ke dalam dokumen Word sebelum menyalin dan menempelkannya ke dalam formulir aplikasi lebih mudah daripada mengetiknya langsung ke browser web. Anda harus memeriksa ulang pemformatan Anda saat menyalin dan menempel. Misalnya, jika Anda kehabisan kata-kata, formulir online mungkin akan memotong jawaban Anda – Anda tidak mengambil risiko kehilangan kemajuan Anda jika sesi masuk Anda berakhir.

Baca Juga  20 Aturan Dasar Menulis Surat Lemaran Pekerjaan Yang Wajib Anda Ikuti

Cetak formulir aplikasi yang sudah diisi dan bacalah sebelum mengirimkannya karena lebih mudah untuk menemukan kesalahan ejaan dan tata bahasa pada halaman yang dicetak daripada di layar.

Terakhir, pastikan Anda telah melampirkan semua dokumen yang diminta seperti resume Anda dan tekan kirim untuk mengirimkan aplikasi Anda. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa formulir Anda telah diterima.

Apa yang terjadi jika aplikasi saya berhasil?

Pengusaha mendapatkan ratusan lamaran kerja per pekerjaan, dan ketika mereka telah memutuskan untuk membawa lamaran kerja Anda ke langkah berikutnya, Anda harus bangga pada diri sendiri.

Bergantung pada peran dan atasan Anda, Anda mungkin diminta untuk melakukan berbagai latihan online, seperti tes psikometri. Sebelum Anda diundang untuk wawancara tatap muka, beberapa perekrut mungkin mengatur wawancara telepon atau video. Orang lain mungkin mengundang Anda ke pusat penilaian.

Untuk tips lebih lanjut tentang cara menangani tahap lamaran kerja Anda ini, lihat Tips Wawancara.

Bagaimana saya bereaksi terhadap posting pekerjaan?

Apakah penolakan datang dalam formulir aplikasi atau setelah wawancara, semua orang mengalaminya di beberapa titik. Meskipun menakutkan dan dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda, terutama jika itu terjadi beberapa kali, penting untuk diingat bahwa banyak orang lain berada dalam situasi yang sama.

Anda harus menghubungi perusahaan dengan mengirim email kepada mereka dalam waktu seminggu setelah ditolak, dengan sopan berterima kasih atas waktu mereka, dan meminta mereka untuk menyimpan detail Anda untuk referensi di masa mendatang. Mintalah umpan balik – mayoritas pemberi kerja akan dengan senang hati memberikannya. Tanyakan tentang apa yang Anda lakukan dengan baik dan di mana aplikasi Anda menarik perhatian, karena dengan cara ini Anda dapat mendekati aplikasi berikutnya dengan lebih percaya diri.

Jika Anda kesulitan untuk mengikuti wawancara, Anda perlu mengembangkan rencana tindakan dengan tujuan kecil yang dapat dicapai, seperti:

  • Tingkatkan resume Anda your
  • mendapatkan pengalaman kerja tambahan
  • Gunakan media sosial untuk mencari pekerjaan
  • bertemu dan berkenalan dengan orang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.