10 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Untuk Membantu Anda Menemukan Pekerjaan

4 min read

10 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Untuk Membantu Anda Menemukan Pekerjaan

Pengusaha menggunakan surat lamaran kerja selama proses perekrutan untuk meneliti kandidat tambahan dan melihat apakah mereka cocok atau tidak. surat lamaran kerja Anda harus mudah dibaca, merangkum pencapaian dan keterampilan Anda, dan menyoroti pengalaman yang relevan. Di bawah ini adalah 10 saran untuk membantu Anda menulis surat lamaran kerja yang bagus.

Kiat tentang cara untuk terus menulis

Meskipun ada beberapa pola surat lamaran kerja yang khas, surat lamaran kerja Anda harus mencerminkan pendidikan sekolah khusus Anda, kesenangan, dan keterampilan yang berlaku. Anda dapat mengingat untuk memiliki beberapa variasi pada surat lamaran kerja Anda yang disesuaikan dengan posisi yang Anda lamar. Berikut adalah beberapa saran penulisan surat lamaran kerja utama untuk membantu Anda mendesain dan menata surat lamaran kerja Anda.

1. Cari kata kunci di entri aktivitas

Tempat yang bagus untuk memulai saat Anda bersiap untuk menulis surat lamaran kerja adalah dengan hati-hati membaca lowongan pekerjaan yang Anda minati. Saat Anda mengamati dengan pekerjaan luar biasa, Anda perlu meneliti setiap deskripsi proses untuk kata kunci yang menunjukkan apa yang dicari perusahaan pada kandidat hebat. Sertakan kata kunci untuk surat lamaran kerja Anda jika relevan.

Misalnya, jika Anda melamar proses pembuat kode penagihan klinis, organisasi dapat menyertakan kata kunci seperti “pengkodean”, “pengajuan klaim”, “kepatuhan”, atau “kontrol AR” dalam deskripsi pekerjaan. Perhatikan baik-baik sesuatu yang tercantum di bagian yang dikategorikan berdasarkan “Persyaratan” atau “Kualifikasi”. Jika Anda memiliki keterampilan yang dicari oleh pemberi kerja, Anda dapat mengunggah istilah yang identik ini di bagian Pengalaman atau Keterampilan di surat lamaran kerja Anda.

2. Lihat contoh surat lamaran kerja di industri Anda

Saat Anda membuat surat lamaran kerja Anda, Anda dapat mengamati contoh surat lamaran kerja dari industri Anda untuk pemikiran dan praktik luar biasa. Meskipun ada banyak metode yang dapat Anda gunakan dengan template surat lamaran kerja, ada 3 takeaways dasar yang harus dicari:

  • Membuatnya mudah dan bersih untuk dibaca. Contoh surat lamaran kerja sederhana dan mudah. Ini karena pemberi kerja memiliki sedikit waktu untuk meninjau surat lamaran kerja Anda, jadi kejelasan adalah kuncinya. Ini adalah bagaimana Anda memilih font yang profesional dan sederhana juga.
  • Buatlah singkat. Anda akan menemukan bahwa setiap segmen dari template surat lamaran kerja pendek dan relevan, termasuk deskripsi yang tepat dan menyenangkan. Termasuk metode pencatatan yang paling praktis, paling penting dan dapat diterapkan, pemberi kerja dapat melahap lebih banyak statistik tentang Anda dan mengidentifikasi kesesuaian Anda untuk pekerjaan itu lebih cepat.
  • Sertakan angka. Anda juga dapat mengatakan bahwa ada metrik reguler yang dilindungi dalam fase pengalaman templat CV. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pemberi kerja bereaksi secara mengejutkan terhadap biaya terverifikasi yang terukur. Angka memungkinkan mereka untuk lebih memahami biaya yang dapat Anda sampaikan ke situs. Misalnya, peluru di bawah deskripsi pengalaman untuk asisten administrasi berbunyi: “Melaksanakan pemrosesan kontrak penjual dan penerapan teknologi standar, yang mengurangi perbedaan kesepakatan hingga sembilan puluh persen”.
Baca Juga  Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melaui Email

Saat menggunakan template CV, Anda harus ingat bahwa mereka tidak boleh disalin secara persis. Meskipun Anda harus menghindari menggunakannya sebagai template, sampel berguna sebagai contoh surat lamaran kerja yang bagus untuk perusahaan dan nama proses Anda.

3. Gunakan font profesional

Karena pemberi kerja paling efektif dalam memiliki waktu singkat untuk meninjau surat lamaran kerja Anda, itu harus sebersih dan semulus mungkin. Anda harus menggunakan font yang sederhana dan ramping seperti Arial atau Times New Roman. Pertahankan ukuran font Anda antara 10 dan 12 poin. Memilih font yang jelas dan terbaca akan membantu membuat surat lamaran kerja Anda terlihat lebih profesional.

Anda juga perlu memastikan bahwa ruang yang tidak perlu dikurangi atau dihilangkan. Terlalu banyak ruang kosong dapat membuat surat lamaran kerja Anda terlihat jarang, mengalihkan perhatian pasar sasaran, dan kemungkinan besar, mengibarkan bendera merah. Dengan mengurangi lebih banyak ruang putih, Anda memudahkan pembaca surat lamaran kerja untuk memilih konten surat lamaran kerja Anda daripada ruang putih. Anda dapat mengurangi area putih dengan menambah panjang font menjadi 12 faktor dan mungkin menyertakan area pilihan lain seperti “Keterampilan” atau “Penghargaan dan Prestasi”.

4. Tambahkan catatan yang paling tepat dan tempatkan catatan yang paling penting terlebih dahulu

Meskipun Anda mungkin memiliki pekerjaan penuh atau pengalaman akademis, penting untuk membuat surat lamaran kerja Anda sesingkat mungkin tanpa meninggalkan statistik penting. Manajer SDM tidak menghabiskan banyak waktu membaca setiap surat lamaran kerja. Penelitian telah menunjukkan bahwa manajer perekrutan pada umumnya cenderung menghabiskan 6 detik terbaik sesuai dengan surat lamaran kerja. Jika surat lamaran kerja Anda berisi informasi lama atau tidak relevan, termasuk pekerjaan yang berusia lebih dari 10 tahun atau peringkat dan pencapaian yang lebih rendah, itu dapat mengurangi fakta kunci.

Baca Juga  Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Terlihat Luar Biasa

Cobalah untuk menikmati pekerjaan yang paling praktis, prestasi, sekolah dan bakat maksimal yang dapat diterapkan pada majikan. Anda dapat menemukan atribut maksimum yang berlaku melalui analisis terperinci dari posting pekerjaan. Anda perlu memprioritaskan informasi kunci lebih tinggi pada surat lamaran kerja Anda untuk memicu minat pada bakat dan pencapaian utama.

5. Gunakan bahasa yang kuat dan baik

surat lamaran kerja Anda harus ditulis dalam bahasa aktif tanpa frasa yang berlebihan. Ini adalah bagaimana frase energi seperti “selesai”, “mendapatkan”, “selesai” atau “selesai” digunakan. Jika surat lamaran kerja Anda terlalu panjang atau sulit untuk ditinjau, mungkin jangan lupa untuk mempersingkat kalimat atau membuat pemikiran ekstra ringkas.

Misalnya, Anda dapat memiliki deskripsi pekerjaan yang berbunyi:

“Selama saya di Freedom Inc., saya memimpin lebih dari satu proyek berbasis kelompok dan menunjang tiap-tiap bagian kru bersama dengan berbagai komitmen yang terkait bersama dengan masing-masing perusahaan. “

Contoh ini dapat dipersingkat dan diperkuat sebagai berikut:

“Melakukan sebagian tugas keseluruhan berbasis kelompok dan tugas instansi yang dikoordinasikan bersama dengan benar. “

Versi revisi menyampaikan pemikiran yang sama tentang pencapaian Anda, bahkan jika variasi kata yang banyak dikurangi dan bahasa energik tambahan disertakan.

6. Menarik perhatian pada kinerja anda

Alih-alih mencantumkan kewajiban proses Anda di bawah segmen indulgensi, pilih tiga atau empat pencapaian terpenting Anda di setiap posisi yang Anda pegang. Jika memungkinkan, tambahkan angka yang memeringkat pencapaian Anda untuk tujuan atau pencapaian unik tersebut.

Jangan lupa untuk memiliki segmen “Prestasi” atau “Keterampilan” terpisah untuk menyoroti pencapaian yang relevan untuk sekolah, pekerjaan, sukarela, atau penilaian lainnya.

7. Sertakan hanya subjudul dan posisi yang Anda inginkan

Baik Anda menggunakan templat surat lamaran kerja atau mengembangkannya sendiri, Anda mungkin menemukan bahwa ada beberapa bagian yang direkomendasikan yang tidak Anda perlukan.

Misalnya, Anda mungkin menginginkan surat lamaran kerja yang tepat atau tujuan surat lamaran kerja, tetapi Anda tidak dapat memiliki keduanya. Jika Anda baru saja lulus kuliah atau sekolah berlebihan dan belum ahli, berhentilah menambahkan bagian catatan lukisan yang kosong. Sebagai gantinya, Anda dapat memperbarui bagian Kenikmatan dengan prestasi akademik yang relevan, prestasi pendidikan, dan berbagai penilaian seperti magang atau inisiatif ekstrakurikuler.

Baca Juga  6 Tips Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Efektif

Anda juga mungkin merasa berguna untuk menggabungkan bagian jika Anda kesulitan mengisi bagian dengan lebih dari poin-poin.

8. Pilih margin yang sesuai

Biasanya, Anda harus menggunakan margin inci pada semua halaman surat lamaran kerja Anda, dengan spasi individual di antara baris. Jika Anda memiliki terlalu banyak spasi, jangan lupa untuk memberi spasi pada baris Anda dengan spasi 1,15 atau 1,5. Anda juga dapat meningkatkan margin Anda jika Anda merasa sulit untuk mengisi surat lamaran kerja Anda, tetapi mereka harus hidup di bawah inci.

9. Koreksi lagi sebelum mengirim surat lamaran anda

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja Anda, Anda harus mengoreksi beberapa kali untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Meskipun ada banyak program dan peralatan proofreading yang dapat Anda gunakan, meminta teman atau kolega tepercaya juga membantu untuk meninjau surat lamaran kerja Anda. Untuk perayaan ulang tahun 1/3 yang objektif, akan berguna untuk melihat surat lamaran kerja Anda seperti yang dilakukan perusahaan untuk menemukan cara Anda dapat memperbaikinya atau memperbaikinya.

10. Putuskan apakah Anda menginginkan surat lamaran kerja untuk pekerjaan tertentu atau tidak

Sebelum mengirimkan utilitas, Anda perlu bertanya pada diri sendiri, “Apakah saya membuatnya semulus mungkin agar perusahaan ini terlihat seperti saya memenuhi syarat?” Jika Anda manfaatkan sistem yang miliki beberapa syarat unik, Anda barangkali mengidamkan setiap jenis surat lamaran kerja Anda amat memperlihatkan kualifikasi Anda.  Putuskan berdasarkan kasus per kasus CV mana yang akan dilamar

Surat lamaran kerja Anda biasanya merupakan langkah pertama dalam wawancara dengan sebuah perusahaan. Pastikan untuk menyertakan informasi yang paling relevan di surat lamaran kerja Anda, aturlah untuk menyoroti informasi yang paling penting, dan evaluasi dengan hati-hati untuk kesalahan. Setelah surat lamaran kerja Anda dipoles dan diselesaikan, itu perlu membantu Anda mendapatkan lebih banyak panggilan balik, wawancara, dan lowongan pekerjaan.