Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melaui Email

3 min read

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melaui Email

Surat pengantar atau email untuk mengirimkan surat lamaran kerja yang menyatakan minat Anda pada iklan pekerjaan. Di zaman sekarang ini, pencari kerja memiliki pilihan untuk mengirim email lamaran kerja ke manajer perekrutan. Tujuan dari email lamaran adalah untuk memberikan perekrut informasi lengkap tentang pengalaman dan keterampilan Anda dengan cara yang cepat dan sederhana. Ini adalah kesempatan unik untuk menyampaikan minat Anda pada posisi tertentu di perusahaan.

Mengirim email lamaran untuk melamar suatu posisi sangat penting untuk mendapatkan wawancara. Sebagian besar pemberi kerja saat ini memerlukan surat lamaran untuk membantu mereka membuat daftar pendek pencari kerja untuk wawancara terakhir. Artikel ini berisi semua yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan saat menulis surat lamaran / CV untuk melamar lowongan pekerjaan. Sebelum kita memahami cara menulis surat / email untuk pertanyaan pekerjaan, mari kita lihat bagaimana surat lamaran kerja berbeda dari itu.

Semua yang perlu Anda ketahui tentang menulis surat lamaran

Sementara surat lamaran kerja berfokus pada menyoroti rincian riwayat karir Anda, pencapaian, keterampilan seperti pekerjaan akuntansi, pekerjaan perbankan, dll., atau kualifikasi, surat pekerjaan terutama menjelaskan kepada manajer perekrutan apa yang membuat Anda menjadi pelamar kerja potensial untuk posisi tersebut. Ini juga memberikan wawasan tentang mengapa Anda tertarik dengan lowongan pekerjaan, ringkasan karir Anda, dan bagaimana Anda cocok untuk posisi tersebut.

Apa yang diperhatikan perusahaan saat melamar?

Saat mengevaluasi surat lamaran, manajer SDM mempertimbangkan dua poin penting:

Apakah keahlian Anda sesuai dengan deskripsi pekerjaan?

Daripada melewati ribuan surat lamaran kerja untuk menyaring pelamar kerja terbaik, surat lamaran adalah pilihan yang cepat dan andal untuk memeriksa apakah pelamar kerja memenuhi kriteria pekerjaan. Oleh karena itu, untuk memahami kelayakan Anda untuk posting pekerjaan, penting untuk membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat sebelum melamar.

Baca Juga  25 Tips Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaru

Apa yang membuat Anda berbeda dari pelamar lain?

Melihat surat lamaran memungkinkan perekrut untuk membandingkan pengalaman kerja Anda dan detail lain yang mengungkapkan potensi Anda untuk daftar pendek.

Struktur surat lamaran pekerjaan

Saat menulis surat lamaran untuk posting pekerjaan, penting bagi Anda untuk mengikuti struktur sistematis yang mengesankan manajer perekrutan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan format email surat lamaran pekerjaan.

Email lamaran idealnya harus dimulai dengan perkenalan yang menyebutkan posisi atau posisi yang terkait dengan aplikasi tersebut. Mulailah dengan salam diikuti dengan nama penerima, yaitu perusahaan, jika diketahui. Soroti bagaimana Anda memenuhi kualifikasi minimum yang diperlukan untuk posisi tersebut. Setelah itu, pembaca (perusahaan) harus diminta untuk melanjutkan membaca surat untuk informasi lebih lanjut.

Tujuan dari paragraf berikut adalah untuk menyoroti mengapa Anda melamar posisi tersebut dan mengidentifikasi faktor-faktor yang akan mendukung surat lamaran pekerjaan Anda untuk seleksi akhir. Untuk mahasiswa baru, menyebutkan keunggulan akademik adalah faktor kunci, sementara profesional berpengalaman dapat menyebutkan pengalaman kerja dan tugas yang menantang atau proyek yang diselesaikan.

Paragraf terakhir harus mengakhiri surat dengan mengucapkan terima kasih kepada pembaca karena telah meluangkan waktu untuk meninjau aplikasi Anda. Gunakan kesempatan ini untuk menyampaikan kesiapan Anda untuk wawancara. Penutup yang sesuai harus mencantumkan nama dan tanda tangan Anda.

Kiat cepat untuk menulis email lamaran formal

Berikut adalah beberapa tip cepat tentang cara mengirim email permintaan posting pekerjaan:

1. Salam / jabatan / detail kontak:

Itu selalu disarankan untuk menyebutkan nama penerima untuk memberi mereka sentuhan pribadi.

2. Jangan membuat salinan surat lamaran kerja Anda:

Ingat, Anda tidak membuat salinan surat lamaran kerja Anda. Oleh karena itu, sertakan poin-poin terpenting dalam surat lamaran kerja Anda daripada semua detail yang disebutkan di dalamnya.

Baca Juga  6 Tips Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Efektif

3. Jaga agar fokus pada paragraf pertama dan terakhir tetap jernih:

Sering dikatakan bahwa kesan pertama adalah kesan terakhir. Dalam surat pengantar, selain garis pembuka, ketebalan garis penutup juga berperan besar. Pada akhirnya, perusahaan harus menemukan Anda pelamar kerja yang menjanjikan dan meyakinkannya untuk memilih surat Anda daripada membuangnya ke tempat sampah.

4. Tetap singkat dan manis:

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dikatakan saat mengirim surat lamaran kerja dalam email, ada beberapa hal yang dapat Anda pikirkan untuk ditambahkan, tetapi tidak ada perusahaan yang tertarik untuk membaca konten yang tidak relevan. Oleh karena itu, jangan menambah panjang surat lamaran Anda dengan menyertakan informasi yang tidak mendukung pilihan Anda untuk wawancara. Tetap singkat dan hanya berpegang pada poin yang relevan.

5. Formatnya penting:

Format surat lamaran yang berantakan adalah penghalang besar bagi pemberi kerja. Tetap teratur agar terlihat rapi dan beri jarak antar paragraf yang benar. Pastikan itu bebas dari kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa.

Contoh email lamaran

Ingin tahu bagaimana cara menulis email lamaran kerja formal? Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan email yang bisa Anda ikuti untuk membuat surat lamaran kerja pemenang. Pastikan untuk menyesuaikan sampel email lamaran pekerjaan ini berdasarkan posting pekerjaan dan pengalaman kerja Anda.

[Nama ]
[Alamat]
[Nomor telepon.]
[Alamat email ]
[Tanggal]
[Alamat perusahaan]

Bapak [nama perusahaan] yang terhormat,

Saya menulis untuk melamar posisi ‘Technical Support Engineer’ yang diiklankan di. Jika perlu, saya melampirkan surat lamaran pekerjaan, surat lamaran kerja dan dua sertifikat.

Iklan pekerjaan yang disajikan dalam daftar tampaknya menarik, karena saya percaya bahwa pendidikan dan pengalaman profesional saya yang kaya selama lebih dari 5 tahun di bidang teknis membuat saya menjadi pelamar yang cocok untuk posisi tersebut. Untuk mendukung ini, kekuatan utama saya untuk posting pekerjaan meliputi:

Baca Juga  10 Tips Untuk Mengisi Aplikasi Surat Lamaran Kerja

— Gelar BS dalam
Pemrograman Komputer — Keahlian dalam
Analisis Kinerja Sistem — Menguasai bahasa pemrograman C + dan C ++ yang kuat — Sertifikasi
dalam pemecahan masalah dan menginstal sistem komputer, aplikasi, dan perangkat keras

Selain itu, saya juga memiliki pengalaman dalam belajar dan beradaptasi dengan teknologi baru tergantung pada kebutuhan pekerjaan.
Silakan baca surat lamaran kerja saya untuk informasi lebih lanjut tentang pengalaman kerja saya dan detail lain yang diperlukan.
Saya selalu dapat dihubungi melalui ponsel dan email.
Terima kasih atas waktu dan pertimbanganmu. Saya berharap untuk umpan balik positif dari Anda pada posting pekerjaan ini.

Hormat kami,
Tanda tangan (untuk kop surat)
[nama pelamar kerja]

Pencarian sederhana di internet akan memberi Anda banyak contoh dan contoh email untuk mengirim surat lamaran kerja Anda ke perekrut. Namun, itu selalu ide yang baik untuk menyesuaikan email aplikasi Anda untuk memberikan sentuhan pribadi. Saya harap Anda menemukan tips ini bermanfaat. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.