6 Tips Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Efektif

2 min read

6 Tips Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Efektif

Manajer perekrutan dan perekrut mengatakan bahwa mereka telah melihat surat lamaran kerja yang ditulis dengan lebih buruk di meja mereka akhir-akhir ini daripada sebelumnya. Dapatkan lebih banyak tawaran wawancara dan pastikan surat lamaran kerja Anda tidak menghalangi Anda mengikuti ujian dengan mengikuti enam rekomendasi teratas ini:

1. Format surat lamaran kerja Anda dengan bijak “Apakah Manajer Perekrutan” bekerja untuk mereka

Tidak peduli seberapa baik surat lamaran kerja Anda, itu mungkin tidak dibaca secara menyeluruh untuk pertama kalinya. Umumnya, surat lamaran kerja dipindai selama 25 detik. Pemindaian sangat sulit jika sangat sulit dibaca, tidak dipersiapkan dengan baik, atau melebihi halaman.

  • Gunakan format logis, margin lebar, font halus, dan judul yang jelas
  • Secara selektif gunakan font ambisius dan miring yang akan menarik perhatian pembaca
  • Gunakan poin-poin untuk menarik perhatian pada faktor-faktor kunci, seperti pencapaian.

Cerita baru hanya untuk Anda: lima pertanyaan wawancara yang akan Anda tanyakan

2. Identifikasi pencapaian, bukan hanya deskripsi pekerjaan

Mempekerjakan manajer, terutama di bidang teknis seperti teknik, mencoba mencari pelamar kerja yang dapat membantu mereka memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan di perusahaan mereka. Akibatnya, Anda tidak dapat menjadi teknik untuk masalah mereka tanpa menjelaskan bagaimana Anda telah memecahkan masalah serupa di perusahaan dan situasi lain.

  • Fokus pada apa yang telah Anda lakukan dalam pekerjaan itu, BUKAN pada pekerjaan Anda, mungkin ada perbedaan
  • Pertama tambahkan satu atau dua deskripsi pekerjaan utama, lalu daftarkan pencapaian Anda
  • Untuk setiap faktor, tanyakan pada diri Anda: Apa keuntungan dalam mencapai apa yang saya lakukan?
  • Pencapaian harus spesifik untuk Anda, bukan hanya daftar apa yang telah dilakukan orang lain
  • Hindari menggunakan deskripsi yang diterima dari peran yang pertama kali Anda lamar atau pegang
Baca Juga  25 Tips Untuk Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaru

3. Hitung pencapaian Anda

Apa kesalahan paling umum pada surat lamaran kerja?Membuat terlalu banyak klaim yang diketahui dan menggunakan jargon berlebihan yang tidak akan memasarkan pelamar kerja , surat lamaran kerja adalah laporan promosi yang dirancang untuk menjual bakat dan kekuatan Anda, bukan hanya biografi pekerja.

  • Sertakan dan sorot layanan khusus yang memberikan gambaran lengkap tentang daya jual Anda your
  • Hitung kinerja Anda untuk mencapai kepercayaan diri yang lebih besar dengan manajer perekrutan dan dengan demikian menghasilkan probabilitas bunga, uang, jumlah karyawan, dll.
  • Bekerja mundur untuk mengukur pencapaian Anda dengan bertanya, Jika saya tidak melakukan X sekarang, apa yang akan terjadi?

4. Rancang surat lamaran kerja Anda untuk industri

Tidak seperti spesialis pemasaran dan tata letak yang memiliki kebebasan lebih kreatif dalam merancang surat lamaran kerja mereka untuk area ini, perusahaan teknik mungkin tidak terinspirasi dan dapat dimatikan oleh tata letak surat lamaran kerja yang unik.

  • Salah di sisi untuk menjadi gaya konservatif
  • Prestasi Anda, kesalahan – tulisan tanpa hiasan, tata bahasa yang benar, sederhana, tulisan dan kertas yang tajam akan memberi dampak bagi Anda

5. Ganti tujuan Anda “dengan” ringkasan karir “

Ringkasan karir dirancang untuk memberikan gambaran singkat tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Sebagian besar tujuan terdengar serupa: Saya mencari peran yang menantang dan mengasyikkan di X di mana saya dapat menggunakan keterampilan X, Y, dan Z saya untuk berkontribusi pada hasil akhir. Jangan bilang sama sekali.

  • Raih minat manajer perekrutan sejak awal dan ingat bahwa Anda memiliki 25 detik termudah untuk membuat dampak yang sangat baik
  • Luangkan waktu untuk mengembangkan ringkasan yang akan segera menarik perhatian mereka dan menggambarkan Anda dengan benar dan kuat sebagai jalan menuju masalah mereka
Baca Juga  Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar

6. Jaringan atau teman di perusahaan yang mau anda lamar

Untuk pelamar yang menganggur, membagikan surat lamaran kerja harus menjadi proses penuh waktu. Sebagian besar posisi lulusan menengah hingga lanjutan dijejalkan melalui jaringan, jadi hubungi semua orang yang Anda kenal selain perekrut yang Anda sewa atau lakukan wawasan. Jaringan dapat mencakup:

  • Kontak bisnis pribadi perusahaan, orang yang bekerja untuk Anda atau yang bekerja untuk Anda
  • Pemasok dan Perwakilan Pendapatan yang telah Anda tangani dalam 5 tahun terakhir
  • Orang-orang yang terindeks di direktori alumni almamater Anda

Dengan surat lamaran kerja yang kuat di tangan, Anda akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk melihat lebih dekat dan mendapatkan wawancara itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.